Ini Arahan Plt Walikota Tasikmalaya Pada Musrenbang Sektoral Dinas Pendidikan

Fokus Kota Tasik Pemerintahan

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Perencanaan pembangunan sangat penting untuk di rumuskan secara matang dengan memperhatikan berbagai aspek kehidupan melalui perencanaan yang cerdas dan akurat.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas Walikota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf dalam sambutannya pada kegiatan Forum Perangkat Daerah (Musrenbang Sektoral) Bidang Pendidikan yang di gelar di Aula Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Kamis (25/02/2021).

Sejumlah permasalahan yang di rumuskan dalam dokumen perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tasikmalaya tahun 2017-2022 pada aspek pelayanan umum. Khusus untuk bidang Pendidikan antara lain :
Masih adanya ketimpangan sebaran dan kualitas sekolah, masih rendahnya angka partisipasi dasar Pendidikan Anak Usia Dini, rasio kelas dan murid belum sesuai standar, masih terdapat anak usia pendidikan dasar yang belum bersekolah, terbatasnya tenaga pendidik dan kependidikan dan terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan terutama kondisi bangunan kelas.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka salah satu isu strategis yang di rumuskan pada RPJMD terkait dengan bidang Pendidikan adalah kualitas Sumber Daya Manusia dan pelayanan dasar, dimana ditandai dengan cukup rendahnya angka rata-rata lama sekolah.

” Prioritas pembangunan daerah tahun 2021 khusus bidang Pendidikan adalah peningkatan implementasi tata nilai kehidupan dan kualitas sumber daya manusia yang di uraikan lebih lanjut menjadi sasaran prioritas, diantaranya melalui peningkatan akses dan kualitas pendidikan :
– Pembangunan rehabilitasi sarana prasarana pendidikan.
– Peningkatan sarana pendukung pendidikan.
– Peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan,” pungkasnya. (H.Amir)