Plt Walikota Tasikmalaya Menghadiri Pelantikan Pengurus Kwarran Gerakan Pramuka Kawalu

Fokus Kota Tasik Pemerintahan Sosial

Reporter : H Amir

KOTA TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Mengambil tempat di Ex Aula UPTD Pendidikan Wilayah Selatan Jalan Perintis Kemerdekaan Kecamatan Kawalu, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tasikmalaya Drs HM Yusuf menghadiri kegiatan pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Ranting, Pengurus Kwartir Ranting dan Badan Kelengkapan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kawalu Terpilih Masa Bakti 2020 – 2023, Selasa (24/11/2020).

Pada kegiatan tersebut, tampak hadir pula Camat Kawalu, Danramil 1203/Kawalu yang diwakili oleh Bati Komsos Koramil 1203/Kwl Serma Ogi Hakiki, Kakak Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tasikmalaya serta tamu undangan lainnya.

Plt Walikota Tasikmalaya Drs HM Yusuf saat sambutan menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh Pengurus Majelis Pembimbing, Pengurus Kwartir Ranting dan Badan Kelengkapan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kawalu yang baru saja dilantik.

“Kami ucapkan pula selamat dan semoga kakak-kakak dapat mendharma baktikan diri dengan baik. Harus diakui sejak beberapa tahun terakhir lunturnya semangat dan rasa kebangsaan di kalangan kaum muda telah terlihat. Hal tersebut dapat dilihat dari menipisnya semangat bela negara serta semakin rasa cinta tanah air. Berkurangnya minat kaum muda terhadap sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa. Bersamaan dengan itu ditemukan pula pelbagai masalah terkait dengan semakin menurunnya akhlak dan budi pekerti kaum muda seperti menipisnya sifat kejujuran dan santun terhadap orang yang lebih tua,” katanya.

Pendidikan nilai-nilai yang diselenggarakan gerakan pramuka akan menjamin terbentuknya watak, kepribadian dan akhlak mulia kaum muda. Revitalisasi gerakan pramuka yang merupakan salah satu pilar bagi pendidikan gerakan pramuka di Indonesia.

“Revitalisasi tujuan pokoknya adalah untuk mengaktifkan kembali gugus depan sebagai ujung tombak gerakan peamuka untuk memantapkan eksistensi gerakan pramuka serta untuk meningkatkan fungsi gerakan pramuka. Dalam sepuluh tahun ini telah memperlihatkan hasil yang cukup membanggakan. Untuk tercapainya visi dan misi gerakan pramuka yang mempersiapkan kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang memiliki watak, kepribadian dan akhlak mulia pada masa depan. Berbagai keberhasilan ini harus tetap dipertahankan dan bahkan semakin lebih ditingkatkan,” harap HM Yusuf.