Dalam Rangka Ketahanan Pangan Diwilayah Kec.Jamanis, Muspika Kec.Jamanis Bersama BPP Tinjau Lahan Tanah Tadah Hujan Milik Warga

Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Reporter: Anton

KAB TASIK. FOKUSPRIANGAN. ID – Dalam rangka ketahanan pangan di wilayah kecamatan Jamanis, Muspika Jamanis bersama BPP Kecamatan Jamanis, meninjau lahan milik warga tadah hujan di Desa Tanjungmekar, Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (4/6/2020).

Winardi Hidayat ,S.Ip, M.Si, Camat Jamanis, mengatakan kami dari Muspika Jamanis dalam hal ketahanan pangan mempasilitasi dan mengarahkan masyarakat dalam antisipasi musim kemarau, ketika sawah masyarakat tidak bisa di tanami padi karena kekurangan air akibat berkurangnya curah hujan serta mengarahkan masyarakat untuk
pencanangan tanaman pengganti tanaman padi akibat lahan sawah tersebut tadah hujan,”ucapnya.

Masih menurut Winardi sebagai mana di ketahui bersama bahwa lahan sawah di wilayah kecamatan Jamanis rata- rata merupakan lahan tadah hujan. Artinya para petani di wilayah kecamatan Jamanis dapat melaksanakan penanaman padi apabila dalam musim hujan. Maka ketika akan masuk kemarau, untuk tetap lahan sawah itu bisa di manfaatkan dan dikelola dalam pengolahan tanah nya agar mencari alternatif tanaman yang bisa tetap tumbuh dan panen walau di musim kemarau.

“Atas kerjasama para petani terutama pemilik lahan sawah dengan BPP (Bale Penyuluan Pertanian) kecamatan Jamanis, disepakati lahan sawah tersebut untuk di tanami tanaman jagung sebagai pengganti tanaman padi,” katanya.

Lanjut Winardi adapun lahan yang saat ini sedang di kerjakan penanaman jagung. Dengan penanaman jagung ini tentunya akan membantu para petani dalam berkisinambungan dalam pengolahan sawah yang berpengaruh pada penghasilan para petani dengan tidak sebatas pada pendapatan dari tanam padi saja. Disamping sebagai ketahanan pangan dengan tetap mengoptimalkan lahan sawah tadah hujan ini dimana setelah tanam padi di musim hujan, tanam jagung di musim kemarau. Sehingga lahan sawah tetap produktif dan bermanfaat dan tidak ada lagi petani yang tidak bekerja kerena tidak bisa menanam lahan nya.

Insya Alloh tanaman jagung ini akan penyambung para petani ketika nanti musim kemarau tiba. karena masa tumbuh nya 3 bulan dan insyaaloh pada saat nya nanti ( 3 bulan kemudian) para petani akan panen jagung,” pungkasnya.