Inilah Sosok H.Tamar Dan Hj Barkah Sepasang Suami Istri Mengajar Mengaji Puluhan Tahun

Fokus Jakarta Sosial

Reporter: Nur Azizah

JAKARTA.FOKUSPRIANGAN.ID – Sepasang suami istri yaitu H.Tamar dan Hj Barkah adalah pasangan suami istri yang pekerjaan sehari harinya adalah seorang pengajar /guru ngaji di Majlis taklim Roudhotul Ummahat.

Ramah dan semringah. Itulah kesan pertama saat bertandang ke rumah Hj Barkah di Pulo Jahe, Cakung Jakarta timur. Ia pun ketika menyambut kedatangan wartawan fokuspriangan.id di rumahnya. Sambutan hangat dan senyuman nya pun terpancar.”Pertama dulu ada sedikit anak  anak yang tiap hari belajar mengaji di rumah saya,’’ dalam hal mengajar mengaji anak anak kurang lebih 20 tahun kita sudah jalani,” tuturnya mulai menceritakan aktivitasnya sebagai guru ngaji.

Lanjut Hj Barkah, Alhamdulilah sekarang ada kurang lebih 100 santri/santriwati yang belajar, dari mulai TK umur 5 tahun sampai SMP, adapun waktunya mengajar yaitu ba’da Dzuhur dan ba’da Magrib, dan para santri kita ajarkan Alquran Tajwid, fiqih, Aahlaq, doa doa pendek dan lain lainnya, adapun mereka (santri) kita tidak mematok biaya perbulannya,”katanya.

“Sekarang ini hampir 3 bulan sejak virus covid-19 melanda, kita tidak bisa mengajar anak anak karena ada larangan dari pemerintah jangan ada kerumunan orang banyak untuk mencegah penyebaran wabah covid-19, dan para orang tua santri rasanya sudah tidak sabar ingin agar anaknya segera ngaji. Akan tetapi tidak dibukanya sementara pengajian ini karena kita mengikuti aturan pemerintah,”ucapnya.

Sambung Hj.Barkah. Dengan tidak ada proses belajar mengajar mengaji, kita tidak ada pemasukan dan juga kami punya kontrakan pun yang menyewa belum bisa membayar di karenakan penyewa pekerjaannya seorang Ojol yang mana saat ini ia juga terdampak akan wabah covid-19 ini, mau gimana lagi kita sama sama alami ini,”ujarnya.

“Dan Alhamdulillahnya sekarang kami bisa terbantu dengan adanya bantuan sembako yang diberikan oleh Persaudaraan Muballigh Muballighoh Indonesia (PMMI), kalo beras 10 kg memang sudah tiap bulan ada diberikan dari PMMI untuk semua anggotanya. Untuk sekarang saat pandemi covid 19 ini ada tambahan sembakonya.

Harapannya Semoga wabah pandemi covid-19 ini cepat berlalu, supaya anak anak bisa segera ngaji dan ibadah ibadah lainnya bisa normal kembali dan dilaksanakan lagi seperti biasa. Serta bisa bisa beraktivitas seperti biasa,”pungkasnya.

Editor: Redaksi