Bupati Sukabumi Jelaskan Kondisi Sekolah Pada Saat Pemberlakuan New Normal

FOKUS SUKABUMI Pemerintahan Sosial

Reporter: Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Wacana pemberlakuan New Norma Kabupaten Sukabumi, kegiatan belajar mengajar di sekolah bagi siswa kelas IV SD hingga tingkat SMA menurut Bupati Sukabumi, H Marwan Hamami, kemungkinan dapat berjalan kembali. Tetapi tetap dengan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, hand sanitizer dan menjaga jarak. “Sekolah, karena Juli ini libur nasional lagi, anak-anak TK, PAUD, dan SD Kelas I hingga III janganlah, karena mereka tidak banyak terpengaruh. Tapi anak-anak yang mau ujian, anak SD, SMP, SMA masih bisa diatur. Kalau anak-anak kecil nanti keluarga ikut, orang tua kumpul. Jelas jaga protokol kesehatan. Kelas IV hingga VI bisa untuk New Normal,” kataMarwan kepada wartawan, kemarin.

Kapasitas enam ruang misalnya, ucap Marwan, nanti itu di shift jadi tiga ruang dulu, nanti jam berapa tiga ruang lagi dipakai, sehingga 50 persen ruang itu dimanfaatkan untuk sekolah. “Makanya kita jaga aja kelas I hingga III jangan dimasukkan karena anak-anak berisiko,” ujarnya.

Marwan mengatakan, dalam penerapan New Normal tersebut, ada beberapa tahapan yang mesti dilalui, mulai dari fase penguatan hingga fase memberikan ruang kepada masyarakat tetapi dengan tetap mengikuti aturan yang ditetapkan. Tahapan-tahapan tersebut akan dimulai pada awal Juni mendatang. “Kalau hari ini kan jelas diawasi kemudian ditindaklanjuti dalam kebijakan. Tetapi nanti mereka dilepas tapi aturannya dijalankan,”kata Marwan.

Dia menyebut, kalau New Normal ini mulai Juni tahap-tahapannya. Nah ini yang dipegang, sampai dibebaskan walaupun dalam pemantauan. “Jadi dibebaskan itu bukan berarti dibebaskan kayak dulu, tapi bebas pakai masker jalan, hand sanitizer masih dipakai, juga harus
jaga jarak,” tandasnya.