Baznas Kabupaten Sukabumi Optimis Bakal Capai Target Tahun Ini

FOKUS SUKABUMI Sosial

Reporter: Rusdi

FOKUS SUKABUMI. (Fp) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi, berupaya dapat mencapai target zakat fitrah Ramadhan dan infaq pada tahun ini. Pada Ramadhan 2019 lalu, Baznas berhasil mengumpulkan zakat fitrah dan infaq mencapai sekitar Rp400 juta dan saat ini ditargetkan dapat meningkat hingga Rp500 sampai Rp600 juta. “Kami yakin meski kondisinya seperti ini tapi target pencapaian meningkat 30 persen dari penghasilan tahun lalu,” kata Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi, U Ruyani melalui Kepala Bidang Administrasi Umum, M Kamaludin, Sabtu (9/5/20).

Kamal mengatakan, pihaknya bakal bekerja lebih keras untuk mencapai semua target yang sudah ditetapkan. Bahkan, baru-baru ini sudah berkoordianasi dengan semua UPZ yang ada disetiap kecamatan untuk menentukan besaran zakat dan infaq yang harus dikeluarkan. “Hasilnya, besaran zakat dan infaq ini seperti tahun sebalumnya yakni, zakat senilai Rp27.500 dan infaq Rp2.500 sehingga jumlah totalnya Rp30.000,” ujarnya.
Kamal mengatakan, untuk meningkatkan pengumpulan zakat fitrah dan infaq ini perlu kerjasama yang terjalin harmonis dengan semua elemen khususnya antara petugas, Baznas, UPZ dan masyarakat untuk bersama menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kabupaten Sukabumi.
“Sebab itu, UPZ di setiap kecamatan harus mensosialisasikan kepada masayarakat sekitar agar mereka menyalurkan zakat dan infaqnya melalui Baznas. Selain itu, dalam upaya mencapai target ini perlu adanya kejujuran dari setiap UPZ untuk melaporkan hasil pengumpulan tersebut beserta data rinciannya,” ucap Kamal.

Selain bakal melakukan sosialisasi, sambung Kamaludin, nantinya Baznas Kabupaten Sukabumi akan mencetak kupon yang akan disebarkan oleh setiap UPZ kepada masyarakat. Dengan cara itu, pihaknya optimis target pengumpulan zakat fitrah dan infaq akan tercapai.
“Setiap tahunnya kami menyebarkan kupon kepada masyarakat melalui setiap UPZ kecamatan. Dengan cara ini, mudah-mudahan penghasilan zakat dan infak tahun ini meningkat,” ucapnya.

Dia meminta, masyarakat dapat meyalurkan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) langsung melalui Baznas Kabupaten Sukabumi. “Kami tidak henti untuk mengajak masyarakat untuk menyalurkan ZIS melalui Baznas,” tandasnya.