Walikota Tasik : Sosialisasi Covid 19 Agar Masyarakat Tidak Panik, Corona Bisa Disembuhkan Dengan PHBS

Fokus Kota Tasik Pemerintahan

FOKUS KOTA TASIK (Fp) – Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mengambil tempat di Aula Bale Kota menggelar Pertemuan Kesiap Siagaan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) Kupas Tuntas covid 19 dan penanggulangannya dengan narasumber dari Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Senin (09/03/2020).

Hadir pada acara ini Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman, Wakil Walikota Tasikmalaya Drs HM Yusuf, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Drs H Ivan Dicksan Hasannudin M.Si, unsur Forkopimda Kota Tasikmalaya, Cat, Lurah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr Uus Supangat, Direktur RSUD dr Soekardjo dr Wasisto, Pengurus Puskesmas serta tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr Uus Supangat mengatakan kegiatan yang diselenggarakan ini bertujuan untuk memberi informasi seluas-luasnya kepada masyarakat berkenaan dengan Corona Virus Disease (Covid)19 ini yang telah menjadi sebuah issue Internasional.

“Tujuan lainnya yaitu memberikan informasi pula kepada masyarakat agar tidak terjadi kepanikan, kegelisahan dan hal-hal yang justru dapat memperburuk keadaan. Dalam pertemuan ini pun akan di informasikan berkenaan dengan Covid 19 bisa disembuhkan dan bisa dicegah dengan pola PHBS. Diharapkan seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa berbagi informasi yang didapat di intitusinya masing-masing agar masyarakat lainnya dapat mengetahui akan apa itu Covid 19. Untuk Kota Tasikmalaya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak ada, namun Orang Dalam Pemantauan ada sebanyak 9 orang, 7 orang dalam pengawasan dan dua selesai dalam pemantauannya,” jelasnya

Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman mengatakan Seperti yang telah disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya syukur Alhamdulillah Kota Tasikmalaya sampai saat ini tidak ada Pasien Dalam Pengawasan, memang ada sebanyak 7 orang dalam pemantauan.

“Dari informasi yang didapat hasil 7 orang dalam pemantauan ini hasilnya baik sehingga tidak ada yang ditingkatkan statusnya menjadi Pasien Dalam Pengawasan. Alhamdulillah semua ini berkat kesigapan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit termasuk juga masyarakat. Menyampaikan informasi-informasi itu sangat penting, makanya kita hadirkan pada kegiatan ini ahlinya dari Rumah Sakit Hasan Sadikin yang memahami betul akan virus Corona untuk edukasi, sosialisasi kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini. Harapan kami dengan edukasi ini bagaimana ikut menghadirkan penjelasan kepada publik, semua pihak terlibat dalam edukasi penyampaian bagaimana pencegahan daripada virus Corona dimana virus ini dapat disembuhkan dengan cara pola hidup bersih sehat,” kata H Budi.

Jurnalis : H Amir