AKPAR Siliwangi Selenggarakan PBN Dengan Instruktur Dari Kodim 0612/Tasikmalaya

Fokus Kota Tasik Sosial

FOKUS KOTA TASIK (FP)-Akademi Pariwisata (Akpar) Siliwangi bekerjasama dengan Kodim 0612/Tasikmalaya bertempat di Kampung Situ Bedog Kelurahan Mangkubumi Kota Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Pendidikan Bela Negara (PBN), Selasa (25/02/2020).

Direktur Akademi Pariwisata, Dra Tuti Iriani M.Pd menjelaskan kegiatan Pendidikan Bela Negara diselenggarakan dengan maksud untuk memberikan wawasan kepada para Mahasiswa-Mahasiswi tentang pentingnya membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kegiatan PBN merupakan program rutin Akademi Pariwisata setiap tahun, kegiatan kali ini merupakan angkatan yang ke 25 dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang. Adapun waktu pelaksanaan kegiatan PBN ini selama 4 hari mulai tanggal 24 sampai dengan tanggal 27 Februari 2020. Untuk tempat kegiatan digelarnya PBN ini kami mengambil dua tempat yakni pada saat upacara pembukaan di Kampus Akademi Pariwisata dan di lokasi Situbedog ini. Karena kami lahir dari divisi Siliwangi, kami sudah menanamkan kepada para Mahasiswa harus memiliki visi Siliwangi. Walaupun ini Akademi Pariwisata tetapi harus menanamkan jiwa Siliwangi. Karena para mahasiswa ini akan menjadi garda terdepan di pintu Pariwisata. Dimana mereka akan berinteraksi dengan Internasional, tetapi nasionalisme dan rasa cinta Tanah Air harus mereka jiwai. Dengan kegiatan PBN ini akan melahirkan suatu generasi yang berbeda dengan yang lainnya. Usai mengikuti PBN ini para Mahasiswa akan lebih disiplin. Untuk instruktur kami bekerjasama dengan Kodim 0612/Tasikmalaya. Alasan kami memilih lokasi kegiatan PBN ini di Situbedog, karena lokasinya berdekatan dengan Situgede. Yang nantinya ke depan bisa dikembangkan menjadi daya tarik destinasi wisata bagi para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri, mahasiswa pun diharapkan mempunyai pemikiran bahwa Situgede ini dapat pula dipromosikan,” jelasnya.

Sementara Bati Ops Kodim 0612/Tsm Serma Mahpudin yang dalam kegiatan PBN ini menjadi pelatih menjelaskan bahwa usai upacara pembukaan pada hari Senin (24/02/2020) kemarin di Kampus Akpar, para peserta mendapatkan beberapa materi.

” Materi yang diberikan pada tanggal 24 Februari 2020 yakni Kejuangan Siliwangi dan Landasan dan Konsep Bela Negara yang disampaikan oleh Brigjen TNI (Purn) Dr H Dedem Ruchlia M Si, Ketahanan Nasional dengan pemateri dari Kodim 0612/Tsm, Materi tentang bahaya Narkoba, Terorisme dan Radikalisme dengan pemateri dari Polres Tasikmalaya Kota dan Materi tentang Wawasan Nusantara, Wawasan Kebangsaan dengan pemateri dari Kodim 0612/Tasikmalaya, untuk tanggal 25/02 peserta mendapatkan materi tentang PBB/PPM TNI dan senam, untuk tanggal 26/02 peserta mendapat materi tentang PBB/PPM/TUM-TNI dan tanggal 27/02 akan ada acara Outbound dan upacara penutupan, untuk pelatih pada kegiatan PBN INI ada 3 yaitu Bati Ops Kodim 0612/Tsm Serma Mahpudin, Baops Kodim 0612/Tsm Sertu Anton dan Bapers Kodim 0612/Tsm Serda Karosi,” pungkasnya.

Jurnalis : H Amir