Akibat Hujan Deras Semalaman Desa Cisontrol Tergenang Banjir

Fokus Kab Ciamis Sosial

FOKUS KAB CIAMIS. (Fp) – Hujan deras yang megguyur wilayah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis dan Sekitarnya pada Selasa (18/02/20) diawali sore hari yang tak ujung reda semalaman Mengakibatkan salah satu Desa di Kecamatan Rancah yaitu Desa Cisontrol Tergenang Banjir.

Mengakibatkan Tanggul Jebol di Cimandala, Pasirhalang Rt 03 Rw 05 Dusun.Harjamukti Desa. Cisontrol Kec.Rancah Kab.Ciamis akibat Hujan Deras Tersebut.

Rabu 19 Februari 2020 Sekitar Pkl 05.30 Wib telah terjadi Tanggul di pertemuan Anakan Sungai yg berada Cimandala, Pasirhalang Dsn.Harjamukti Desa. Cisontrol Kec.Rancah Kab.Ciamis akibat hujan deras dan curah hujan yang cukup tinggi yang mengakibatkan tidak tertampung nya air hujan pada anakan sungai Cimandala mengakibatkan Banjir dan merusak tanggul Anakan Sungai Cimandala, Pasirhalang.” Ungkap Babinsa Desa Cisontrol Serda Mujiantoro.

“Data Sementara tidak ada korban jiwa ataupun kerugian material dan bangunan yang tergenang banjir. Hanya akses jalan yang saat ini sudah mulai surut airnya dan sudah bisa dilalui oleh masyarakat pengguna jalan dan Disinyalir kejadian tersebut selain akibat hujan deras dan tidak tertampung nya air hujan pada anakan Sungai Cimandala, Pasirhalang dikarenakan juga pendangkalan pada anakan sungai Cimandala dan belum ada perkuatan pada tanggul ( Beton/Bronjong )”. Tindakan dari pemerintah setempat meninjau di lokasi bencana menunggu air surut untuk membersihkan lumpur yang terbawa ke jalan serta mengantisipasi dan membersihkan saluran air untuk mencegahnya terjadinya banjir saat diguyur hujan”.pungkasnya.

Jurnalis: Alvine Noer R