Aparatur Pemdes Se Kec.Gunungtanjung Ikuti Bimtek’Sosialisasi Prihal Peraturan Bupati Dan Permendes

Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

FOKUS KAB TASIK. (Fp) – Para aparatur Pemerintahan Desa (Pemdes) se wilayah Kecamatan Gunungtanjung mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek), prihal pengalokasian Dana Desa (DD) tahun 2020, yang bertempat di aula kantor Kec.Gunungtanjung Kab Tasikmalaya, Selasa (11/02/20).

Acara sosialisasi dihadiri oleh para Kepala desa, Kasi PMD, Heru Iyan asari S.Kep.Ners.M.Si. pendamping Desa Agus Salim, para Sekdes, para Kasi Perencanaan, bagian keuangan (Bendahara desa) sewilayah Kec.Gunungtanjung.

Miftah Farid Dahlan Si.P Kepala Desa Tanjungsari sekaligus Ketua APDESI kec Gunungtanjung, saat usai acara, menyampaikan kegiatan ini yaitu Bimtek mengenai Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbub) No.7.tahun 2020, dan Permendes RI, yang di ikuti oleh unsur kades, unsur Sekdes, unsur kasi perencanaan, unsur keuangan dari tujuh desa sewilayah Kec. Gunungtanjung, dengan dilaksanakan kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa, sebagaimana, Pemerintahan desa di dalamnya, dalam melaksanakan tugas pokok fungsi, dan harus Akuntabel terbuka sesuai tugas/amanah yang di emban,”ucap Miftah.

Lanjut Kades Miftah, kegiatan ini terselenggara hasil musyawarah mufakat bersama para kepala desa dengan jajaran Muspika Gunungtanjung, sebelumnya dilaksanakan terlebih dahulu Rapat Pimpinan (Rapim), dengan maksud Bimtek ini agar semua perangkat desa ke bisa memahami tentang laporan pengadministrasian tahapan Dana Desa (DD) yang akan turun/ direalisasikan pada tahun 2020, dengan harapan dilaksanakan kegiatan sosialisasi DD ini, menjadi motivasi,pencerahan, penyemangat, serta bisa diserap pengetahuan pengetahuan/ilmu oleh para peserta yang hadir,”katanya.

Sementara Kasi PMD Kec.Gunungtanjung Heru Iyan Asari S.Kep.Ners.M.Si, yang mewakili Camat Gunungtanjung, selaku Narasumber yang didampingi pendamping Desa Agus Salim, menjelaskan, kegiatan ini sosialisasi petunjuk teknis (juknis) realisasi Dana Desa (DD) jadi ini sesuai dengan rencana kerja pemerintah daerah, setelah para camat dan komponen lain, sekmat, Pmd, dan pendamping, sebelumnya mendapat pengarahan ditingkat kabupaten Tasikmalaya, maka hari ini, ditindak lanjuti di kecamatan Gunungtanjung, dengan digelarnya sosialisasi DD dengan sasaran tujuh desa, dan dilengkapi oleh perangkat desa seperti sekdes, kasi perencanaan dan kasi keuangan/Bendahara desa,”ujar Heru.

Di tempat yang sama pendamping desa, Agus Salim, setelah kegiatan ini, usai dilaksanakan dimohonkan semua peserta yang hadir, kedepan bersama tim verifikasi Dana Desa (DD) dari tingkat kecamatan terkait alur mekanisme semua harus disiplin berdasarkan petunjuk dari pemerintah, prihal penggunaan Dana Desa (DD), ketika itu dilaksanakan melalui mekanisme (aturan baku), mulai dari perencanaan seperti apa pelaksanaannya dan siapa yang melaksanakannya, lantas alur pelaporan pengadministrasian,”tuturnya.

“Kades Miftah menambahkan, semoga pada saatnya nanti pembangunan disetiap desa dapat terlaksanakan sesuai prinsip prinsip pengaloksian/penggunaan Dana Desa (DD), mengedepankan Efisien Efektivitas, tepat sasaran dan tepat guna, semua bisa terealisasikan sesuai waktu yang telah ditentukan,harap Kades Miftah.

Jurnalis : Ade Joe