Musrenbang Kecamatan Indihiang Dihadiri Walikota Tasik

Fokus Kota Tasik Pemerintahan

FOKUS KOTA TASIK (Fp) – Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, Selasa (04/02/2020) menggelar acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) mengambil tempat di Aula Kelurahan Indihiang.

Pada Musrenbang tingkat Kecamatan ini, dihadiri langsung oleh Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman bersama beberapa Kepala Dinas.

Saat sambutannya Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menjelaskan pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan ini bertujuan untuk melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap usulan rencana kegiatan pembangunan Kelurahan yang di integrasikan dengan prioritas pembangunan Daerah di wilayah Kecamatan, yang dikelompokkan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah.

“Sesuai dengan tematik di setiap Musrenbang tahun 2021 baik di tingkat Kelurahan maupun tingkat Kecamatan yakni “Memacu Investasi dan Daya Saing Untuk Pertumbuhan dan Pemerataan Ekonomi” makanya kaitan dengan pembangunan-pembangunan juga tetap infrastruktur ada dalam rangka pemerataan pembangunan tetapi lebih banyak sebetulnya ke depannya infrastruktur lebih kepada pemeliharaan-pemeliharaan. Seperti normalisasi sungai, pemeliharaan jalan, pemeliharaan jembatan, irigasi yang dimaksudkan agar lancar dari genangan air. Lalu juga bicara daya saing, kita ingin investasi masuk, kita memudahkan investasi salah satunya kita akan membangun mall layanan publik. Tahun ini sudah di mulai. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan-kemudahan perizinan. Mudah-mudahan akhir tahun 2020 pas hari jadi Kota Tasikmalaya Mall ini dapat kita resmikan, termasuk juga kaitan nanti daya beli, makanya kita dorong kemudahan perizinan termasuk kita menata ruang di Kota Tasikmalaya. Kita sedang merevisi tata ruang kita sehingga nanti dengan adanya kemudahan perizinan akan mendorong investasi, sehingga akan menghasilkan nilai ekonomi,” katanya.

Camat Indihiang Nanang Iskandar Z menuturkan pelaksanaan Musrenbang di tingkat Kecamatan pada intinya pihaknya mengakomodir usulan-usulan di tingkat Kelurahan yang telah di laksanakan beberapa hari yang lalu.

“Hasil Musrenbang tingkat Kelurahan kita tampung dan dievaluasi mana yang menjadi skala prioritas untuk dilaksanakan baik dari Dana Kelurahan, PIK dan juga kegiatan-kegiatan yang diusulkan ke tingkat atas. Terkait dengan adanya program target dari Pemerintah Kota Tasikmalaya yang juga harus dicapai, pihak kami juga mendorong ke tingkat Kelurahan untuk bisa sinergi melaksanakan program-program tersebut,” ucap Nanang.

Jurnalis : H Amir