Dapur Milik Ijoh Hodijah Warga Kelurahan Talagasari Habis Terbakar

Fokus Kota Tasik Sosial

FOKUS KOTA TASIK (Fl) – Lupa meninggalkan kompor tungku kayu bakar saat masak, dapur milik Ijoh Hodijah (90), warga Kp Cikebo RT 03 RW 04 Kelurahan Talagasari Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya habis di lalap si jago merah. Senin (20/01/20).

Namun kebakaran diketahui setelah api membesar dan membakar sebagai dinding dapur.

Beruntung warga sekitar rumahnya saat melihat api mulai membesar langsung bergerak cepat memadamkan, sehingga tidak menjalar terlalu banyak ke bangunan induk.

Menurut keterangan Babinsa Kelurahan Talagasari Koramil 1203/Kawalu Serka Didi menyebutkan warga yang mengalami musibah kebakaran ini bernama Ibu Ijoh Hodijah (90).

“Menurut saksi kejadian, Ibu Ijoh Hodijah, Api timbul dari tungku yang sedang memasak. Api menyambar kayu bakar yang letaknya tidak jauh dari tungku. Lalu api tersebut menyambar pula barang-barang bekas yang ada disekitarnya. Melihat hal tersebut Ibu Ijoh pun berteriak meminta warga sekitar untuk menolongnya memadamkan api. Lalu ada warga yang melapor kan kejadian ini ke pihak kami. Berkat kesigapan para warga, akhirnya api pun dapat dipadamkan sekitar 1 jam. Kami dari Babinsa pun menghubungi pihak BPBD Kota Tasikmalaya, lalu sesudah itu bersama petugas relawan dan warga membantu membereskan puing-puing akibat kebakaran. Petugas dari BPBD pun mendata dan membantu pembersihan tersebut. Kerugian materiil yang dialami akibat kebakaran ini yakni dapur rumah dan ruang tengah serta perabotan dapur habis terbakar kerugiannya sekitar Rp 10 juta.

Babinsa menghimbau kepada warga masyarakat yang masaknya masih menggunakan kayu bakar agar menempatkan posisi kayu tidak terlalu dekat dengan tungku api atau di tempat yang aman serta di harapkan kepada warga masyarakat agar cepat tanggap membantu agar peristiwa kebakaran seperti ini cepat segera diatasi,” katanya.

Jurnalis : H Amir